Dnbk's Blog

Just another WordPress.com site

Contoh Ibadat Sabda May 20, 2010

Filed under: Uncategorized — dnbk @ 11:46 pm

PEMBUKAAN

PENGANTAR

Saudara – saudara, salam sejahtera bagi kita semua. Syukur kepada Allah atas karunia-Nya, karena kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat wallafiat. Kali ini kita mengadakan doa bersama dalam suasana Paskah. Kita masih ingat suasana perayaan Paskah yang lalu yang berlangsung meriah.

Dalam perayaan agung itu kita semua memuji Kristus yang menang atas maut. Jadi Kristus yang sungguh sudah mati, kini hidup kembali dalam kemuliaan. Maka dengan memetik rahmat kebangkitan Kristus, marilah kita berusaha hidup secara baru, yakni hidup bagi Allah. Kita harus membuang semua yg menjerumuskan kita kepada kematian, dan hidup secara baru dalam Kristus. Kita harus bangkit dari kebiasaan serta sifat – sifat yang kurang baik.

Marilah kita masuk dalam suasana doa dengan menyanyikan lagu MB 439.

NYANYIAN PEMBUKAAN

KRISTUS BANGKIT

Kristus bangkit Kristus mulia

Wartakan dengan lantang

Yang jahat dikalahkanNya

Sambutlah dengan girang

Maut dihancurkanNya

Kristus pemenang jaya

Di duka tersirat suka

Wartakan dengan lantang

Dimaut tersirat hidup

Sambutlah dengan girang

Salib sumber bahagia

Kristus pemenang jaya

TANDA SALIB DAN SALAM

P : Demi nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus. . .

Semoga kemuliaan Bapa, kemenangan Putra, dan kegembiraan dalam Roh Kudus meliputi kita, yang berkumpul demi nama Allah.

U : Sekarang dan selama-lamanya.

SERUAN TOBAT

P : Marilah kita sesali dosa dan tobat kita dengan mendoakan doa tobat.

Saya mengaku,,

U : Kepada Allah yang Mahakuasa dan kepada saudara sekalian.

Bahwa saya telah berdosa dengan pikiran dan perkataan,

dengan perbuatan dan kelalaian.

Saya berdosa, saya berdosa. Saya sungguh berdosa,

Oleh sebab itu saya mohon

kepada Santa Perawan Maria,

kepada para malaikat dan orang kudus

dan kepada saudara sekalian,

supaya mendoakan saya pada Allah Tuhan kita.

ABSOLUSI

P : Semoga Allah yang mahakuasa, mengasihani kita,

mengampuni dosa kita dan menghantar kita ke hidup yang kekal.

U : Amin

DOA PEMBUKAAN

P : Marilah kita berdoa,

Allah, pemberi hidup, kami percaya bahwa Kristus sungguh sudah bangkit. Karena kemenangan Yesus oleh maut itu, Engkau berkenan membangkitkan harapan serta semangat baru di dalam diri kami. Sambil merayakan kebangkitan Yesus itu, kami mohon : semoga kami semakin dijiwai semangan kebangkitan dan hidup secara baru, mengikuti langkah Yesus, Tuhan dan pengantara kami, yang berstau dengan Dikau dan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, kini dan sepanjang masa.

U : Amin

IBADAT SABDA

BACAAN

P :               Yesus telah memilih sejumlah rasul. Kemana-mana rasul ini selalu menyertai Yesus. Maksud Yesus : supaya mreka itu melihat dan mengetahui karya-karya-Nya, mukjizat – mukjizat-Nya, penderitaan-Nya dan juga kebangkitan serta kenaikan-Nya ke surga. Sesudah menyaksikan semua itu, para rasul diutus memaklumkan segalanya tentang Yesus kepada semua orang. Kita pun menerima dan mengimani kesaksian merka. Dan seperti merka, kita pun diutus mewartakan Yesus kepada masyarakat. Marilah kita menyegarkan keyakinan tentang kebangkitan Yesus dengan mendengarkan pembacaan dari Kitab Suci.

L : Pembacaan diambil dari kitab I Korintus 15 ; 1-11

Dan sekarang, saudara-saudara aku mau mengingatkan kamu kepada Injil yang aku beritakan kepadamu dan yang kamu terima, dan yang didalamnya kamu teguh berdiri. Oleh Injil itu kamu diselamatkan, asal kamu teguh berpegang padanya, seperti yang telah kuberitakan kepadamu, kecuali kalau kamu telah sia-sia saja menjadi percaya. Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah keterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci, bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitakan, paha haru yang ketiga, sesuai dengan  Kitab Suci; bahwa Ia telah menampakkan diri kepada Kefas dan kemudian kepada keduabelas rasul muridNya. Sesudah itu ia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus; kebanyakkan dari mereka masih hidup sampai sekarang, tetapi beberapa diantanya telah meninggal. Selanjutnya Ia menampakan diri kepada Yakobus, kemudian kepada semua rasul. Dan yang paling akhir dari semuanya ia menampakkan diri juga kepadaku, sama seperti kepada anak yang lahir sebelum waktunya. Karena aku adalah yang paling hina dari semua rasul, sebab aku telah mengaiaya jemaat Allah. Tetapi karena kasih-karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih-karunia yang dianugerahkanNya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih-karunia Allah yang menyertai aku. Sebab itu, baik aku, maupun mereka, demikianlah kami mengajar dan demikianlah kamu menjadi percaya.

Demikianlah sabda Tuhan

U : Syukur kepada Allah

MAZMUR TANGGAPAN 128

Ulangan 846  4/4

32I 1    1  1       2   2  12I 3      3   .    6   6  I  2  2   .2  1     65 I 6 . . I

Tuhan memberkat-i   u- mat-Nya    dengan damai se-jah- te- ra

Mazmur : oleh pemazmur

3    2    1…                                                         2    2   12    3   ‘

  1. Berba-  hagialah setiap orang yang bertakwa pa- da Tu- han,

6…                                                           2    1     6    I

Yang hidup menurut jalan yang di-tun-juk-kan-Nya!

3   2    1…                                                2   1    2    3   ‘

A-  pa- bi-la engkau menikmati9 hasil je-   rih pa-yah-mu,

6…                                                        2     1    65   6   II

Berbahagialah engkau dan baiklah ke- a – da- an-mu!

2.   3     2       1…

Ke-nyang-kan-lah kami di waktu pagi,      2     2   12    3

dengan kasih se-  ti-  a-  Mu,

6…

supaya kami bersorak-sorai                      2      2     21  6  I

dan bersukacita se-pan-jang ha-yat.

BAIT PENGANTAR INJIL 966

1     3    4  I  5    3   4    5 I 7  .   .5    43 I 1  3    4    5   4   3  1  I   3

Ter-pu- ji-  lah Kristus Tuhan   Sang Ra- ja ke- mu- li- a- an ke-  kal.

Ayat ;

3     4…                             3    1  3   3  I

Ma- nusia hidup bukan saja da- ri  ro- ti,

4    5…                                       45  43  1  II

Me-la-inkan juga dari setiap sab- da  Al- lah.

BACAAN INJIL

P : Inilah Injil Yesus Kristus menurut Santo Yohanes

U : Dimuliakanlah Kristus

Kebangkitan Yesus

Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur. Ia berlari mendapatkan simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi Yesus, dan berkata kepada mereka: “Tuhan telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu dimana ia diletakkan.”

Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur. Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur. Ia menjenguk ke dalam dan melihat kain kapan terletak di tanah: akan tetapi ia tidak masuk ke dalam. Maka datanglah Simon Petrus juga menyusul dia dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di tanah, sedang kain peluh yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain dan sudah tergulung. Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya dan percaya. Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab suci yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati. Lalu pulanglah kedua murid itu ke rumah.

P : Berbahagialah orang yang mendengarkan sabda Tuhan dan tekun melaksanakannya.

U : Sabda-Mu adalah jalan, kebenaran dan hidup kami.

RENUNGAN / HOMILI

Dalam nama Bapa,,,

Selamat pagi,,

Salam sejahtera bagi kita semua.

Pada hari yang cerah dalam Ibadat sabda ini, saya akan menceritakan sebuah cerita yang saya ambil dari Buku Persekutuan Murid-Murid Yesus. Semoga cerita ini dapat bermanfaat bagi kita dan dapat dijadikan renungan.

Seorang imam muda hendak berkotbah di penjara. Sudah berhari-hari ia mencoba menemukan pesan yang bisa menyentuh hati.

Ketika dia memasuki ruangan, dia menggigil melihat tatapan mata wajah-wajah yang tampak mengeras oleh berbagai kejahatan. Dia berdoa perlahan untuk mendapatkan bimbingan ketika dia menaiki tangga menuju mimbar. Tiba-tiba dia tersandung ketika hendak menginjak anak tangga yang kedua dan jatuh tertelungkup di lantai. Para hadiirn tertawa keras.

Untuk beberapa saat imam muda itu merasa lumpuh oleh karena kesakitan dan rasa malu. Kemudian, dia mendapat suau gagasan. Dia berdiri, menaiki dua anak tangga sekaligus dan tertawa ke arah hadirin yang terpukau sambil berkata “Saudara-saudara, justru itulah tadi alasan kedatangan saya ke sini hari ini: saya ingin memperlihatkan kepada Anda sekalian bahwa orang bisa bangkit lagi setelah dia jatuh.”

Simpel dan menarik. Mungkin saya tidak perlu menjelaskan panjang lebar. Dengan cerita di atas, saya yakin bahwa Anda dapat mengambil renungan sendiri.

Ya memang benar bahwa orang bisa bangkit setelah dia jatuh. Seprti Yesus sendiri, Dia bangkit dari kematianNya. Kisah kebangkitan Yesus tidak banyak dilaporkan dalam kitab suci. Kitab suci hanya menberitahukan beberapa hal : para murid yang melihat kubur Yesus terbuka dan kosong, kain kapan Yesus yang tertinggal, berita malaikat yang mengatakan Yesus sudah bangkit, dan beberapa kali penampakan Yesus . Dan dari bacaan diatas juga memberitahukan tentang hal tersebut.

Kebangkitan Yesus membuat kehadiran Yesus tidak lagi terbatsa pada ruang dan waktu. Ia akan hadir dimana-mana, dalam hati semua muridNya. Dan dengan kehadiranNya, setiap manusia memiliki hati baru yang semangat dalam menjalani hidup. Mengubah kematian menjadi kebangkitan.

Sebuah kegagalan yang dialami pasti akan membuat orang tersebut meras terpuruk dan tidak ibgin mencoba bangkit kembali. Pikiran pertama setelah orang itu gaggal pasti meras putus asa. Tetapi itu bukan tindakan yang dikehendaki Tuhan. Tuhan justru ingin meminta murid-murid untuk memiliki jiwa yang semangar untuk menempuh segala hal. Tak heran bila sekarang ini lagi heboh-heboh nya para motivator seperti Mario Teguh. Hadirnya motivator itu sebagai tanda bahwa masih banyak umat manusia yang kehilangan rasa percaya dirinya untuk mencoba bangkita menujun situasi yang lebih baik dari sebelumya.

Namun suatu masalh yaitu sulitnya pikiran manusia dalam menangkap kehadiran Yesus yang bangkit, seperti yang dialami dua murid dalam perjalanan ke Emaus. Banyak orang memahami kematian hanya sebatas kematian fisik. Orang yang “mati” diartikan sebagai orang yang tidak bernafas lagi, tidak bergerak lagi. Tetapi dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa menemukan orang “mati” sekalipun dia masih hidup. Orang yang “mati” adalah orang yang tidak diperhitungkan lagi oleh sesamanya, orang yang sudah putus asa, orang yang tidak mampu memperbaiki hidupnya. Tetapi orang yang ‘hidup’ atau orang yang ‘bangkit’ adalah orang yang sugguh diperhitungkan, kehadiranNya dinantikan, kedatangannya selalu membawa pembaharuan bagi sesamanya. Hal itu bisa terjadi bila ia sungguh mampu mengalahkan “kematian”.

Saudara-saudara yang terkasih, Hanya melalui kegelapan kita akan sampai pada terang. Hanya melalui sengsara akan diperoleh kebahagiaan. Hanya melalui salib kita akan sampai pada kebangkitan:

Untuk sampai pada kebahagiaan dan kesejahteraan sejati, kita tidak boleh takut akan penderitaan; sebaliknya : dikala mengalami penderitaan, kita tetap tabah, sebab kita yakin lewat penderitaan inilah kita akan sampai pada kebahagiaan.

Kemuliaan kepada Bapa,,,

SYAHADAT

P : Saudara sekalian, sungguh mengagumkan karya Allah bagi kita. Maka  marilah membaharui iman kita kepadaNya dengan mengucapkan syahadat.

U : Aku percaya akan Allah Bapa yang mahakuasa

Pencipta langit dan bumi, dan akan Yesus Kristus

Putra-Nya yang tunggal Tuhan kita.

Yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh perawan Maria

Yang menderita sengsara dalam pemerintahan Ponsius Pilatus

Disalibkan, wafat dan dimakamkan,

Yang turun ketempat penantian. Pada hari ketiga bangkit

Dari antara orang mati. Yang naik ke surga,

Duduk disebelah kanan Allah Bapa yang mahakuasa.

Dari situ Ia akan datang mengadili orang hidup dan mati,

Aku percaya akan Roh Kudus, Gereja Katolik yang Kudus

Persekutuan para Kudus, pengampunan dosa,

Kebangkitan badan dan kehidupan kekal. Amin

DOA UMAT

P: Saudara-saudara, Allah melepaskan Yesus dari maut, dan membangkitkan dia pada hari ketiga sesudah wafat-Nya, Marilah kita bersyukur kepada Bapa dan berdoa.

Ya Bapa, gembirakanlah hati umat-Mu dengan kebangkitan Yesus Kristus. Semoga kami melihat kebangkitan-Nya di alam kehidupan sehari-hari, sehingga kami berubah menjadi manusia baru. Kami mohon,,

U: Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

P: Ya Bapa, teguhkanlah kepercayaan kami akan kebangkitan Yesus Kristus. Semoga kami merasakan kehadiran-Nya di rumah kami dengan berusha membantu, cinta mencintai, dan didik mendidik. Kami mohon,,

P: Ya Bapa, kuatkanlah kami dengan kebangkitan Yesus Kristus. Semoga kami mengalami kehadiran-Nya bila kami berjuang sebagai orang Kristen sejati demi kebenaran, keadilan dan cinta kasih. Kami mohon,,

P: Ya Bapa, semngatilah kami dengan kebangkitan Yesus Kristus. Semoga kami menikmati kehadiran-Nya bila kami sedang bergembira dan bersukacita, sehngga hdup kami memancarkan cahaya Paskah. Kami mohon,,

P: Ya Bapa, hiburlah kami dengan kebangkitan YK. Semoga kami menyadari kehadiran-Nya bila kami menderita dan menangis, agar kami tabah mengikuti jejak-Nya. Kami mohon,,

P: Ya Bapa, bimbinglah kami dengan rahmat-Mu. Semoga kami pun bangkit menjadi manusia baru, sehingga dpat melaksanakan tugas hidup ini dengan riang gembira, dan kelak bersukacita di surga. Kami mohon,,

BAPA KAMI

P : Saudara sekalian, Allah Bapa berkenan membebaskan kita juga dari jerat kematian dan dosa. Maka marilah kita memuliakan nama-Nya dengan doa sebagaimana diajar oleh Yesus, Allah Putera :

U : Bapa Kami yang ada disurga

Dimuliakanlah namaMu, datanglah kerajaan-Mu

Jadilah kehendak-Mu, diatas bumi seperti di dalam surga

Berilah kami rejeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami

Seperti kamipun mengampuni yang bersalah kepada kami

Dan janganlah masukkan kami ke dalam percobaan

Tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat. Amin

P : Ya Bapa bebaskanlah kami dari segala yang jahat, dari dosa dan kematian, dari kebencian dan peperangan. Semoga kebangkitan Kristus menciptakan damai di dunia, sehingga dengan hati gembira dan penuh syukur kami menantikan kedatangan penyelamat kami, Yesus Kristus.

U : Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.

DOA PENUTUP

P : Marilah berdoa,

Allah, Bapa kami yang mahabaik, dengan kebangkitan Putra-Mu Kautanamkan harapan serta semangat baru di dalam hati kami. Semoga harapan dan semangat baru ini sungguh menjadi pendorong kami semua dalam mengusahakan kebahagiaan bagi kami dan semua orang yang kami jumpai. Satukanlah kami dalam cinta kasih-Mu, dan doronglah kami membangun suatu masyarakat yang guyub rukun, sehati sejiwa, tempat tiada lagi yg merasa diasingkan. Demi Kristus, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa.

U : Amin.

PENUTUP

BERKAT PENGUTUSAN

P : Saudara sekalian, ibadat kita sudah selesai.

U : Syukur kepada Allah

P : Kita sungguh gembira karena dalam ibadat ini dapat mengenangkan kebangkitan Yesus dari mati. Lebih-lebih lagi karena kebangkitan-Nya yang jaya itu memberikan arti baru kepada hidup kita. Marilah kita mengakhiri perayaan ini dengan mohon berkat Tuhan.

Ya Allah, karena kebangkitan Kristus, berkenanlah Engkau melindungi kami segala dosa dan kejahatan.

U : Amin

P : Berkenanlah Engkau menganugerahkan kepada kami semangat baru dalam mengusahakan hidup yang suci.

U :      Amin

P : Berkenanlah engkau memenuhi hati kami dengan sukacita sejati sampai pada perayaan Paskah abadi di surga.

U : Amin

P : Berkenanlah engkau melimpahkan berkat-Mu bagi seluruh umat di wilayah ini, bagi segala tugas dan kepentingan kami, ya Allah yg mahakuasa, Bapa dan Putera dan Roh Kudus.

LAGU PENUTUP

CINTA SEJATI

Saat ku renungkan hidup bersamaMu

Seringkali kumelupakanMu

Ke berjalan sendiri seakan ku mampu

Lalui tanpa kekuatanMu

Smakin berat beban hidupku

Smakin ku menjauh dariMu

Namun ada cinta yang tak pernah berlalu

Cinta yang ku dapat dariMu

Tlah teruji lalui rentangan sang waktu

Kau mati bagiku, berkorban untuk diriku

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.